Arti lambang WOSM ( WORL ORGANIZATIOS OF SCOUT MOVEMENT )


Fleur de lys adalah nama Prancis untuk bunga lili. Pada masa kerajaan Eropa, lambang ini digunakan oleh banyak kerajaan, antara lain Prancis pada masa pemerintahan Charlemagne. Lambang itu juga yang digunakan oleh para Ksatria Templar
Lambang yang sama juga digunakan oleh WOSM (World Organization of Scout Movement), organisasi gerakan kepanduan sedunia. Lambang ini digunakan juga pada kompas mawar sebagai penanda arah utara.
Makna inilah yang digunakan oleh WOSM yaitu bahwa seorang pandu adalah penunjuk arah ke jalan kebaikan. Tiga helai daunnya adalah melambangkan 3 kewajiban seorang pandu, kewajiban terhadap Tuhan dan negaranya, terhadap sesama hidup, dan terhadap janji pandunya. dan Lingkaran tali bersimpul mati melambangkan ikatan persaudaraan internasional yang erat. Ya, semua pandu bersaudara
Secara umum diuraikan sbb:
  1. Kompas: melambangkan suatu peringatan bagi Pandu/ Pramuka agar selalu berbuat kebenaran dan dapat dipercaya seperti fungsi kompas, serta tetap menjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan.
  2. Treefoil/Bunga dengan Tiga Ujung: melambangkan tiga janji Pandu/Scout Promise
  3. Dua Bintang: melambangkan anggota Pandu/Pramuka berupaya untuk dapat memberi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
  4. Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati: melambangkan bahwa sesama Pandu/ Pramuka mengadakan hubungan persahabatan dan persaudaraan antar Pramuka di seluruh dunia.
  5. Warna:  Putih melambangkan jiwa yang berhati suci, sedangkan warna dasar ungu melambangkan bahwa Pandu/Pramuka memiliki ketrampilan kepemimpinan dan suka menolong orang lain.
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
Yohan's Page
admin
April 27, 2013 at 8:52 PM ×

bagus nihh gan artikelnya.. cuman yang saya belum ngerti memang pada wosm terdapat kompas ya kak? tolong kasih penjelasannya kak..

Reply
avatar
May 12, 2013 at 5:25 PM ×

Yohan's Page@ itu yang panjang seperti jarum. itu seperti kompas Jarum pada pramuka

Reply
avatar
Rahmi ruwaida
admin
September 3, 2014 at 8:59 PM ×

Makasih ya kak!!minggu lalu saya pajang di mading sekolah saya artikel kakak,dan ternyata jadi top artikel bulan ini!

Reply
avatar
Thanks for your comment