Binaan Pramuka Tak Diragukan Jadi Calon Pemimpin


Praja Muda Karana (Pramuka) diyakini mampu membentuk seseorang untuk punya kualitas yang baik dari segi sikap. Bahkan, pramuka yang baik sudah tidak diragukan lagi menjadi calon pemimpin.

Keyakinan itu disampaikan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Makassar Ibrahim Saleh saat mengukuhkan dan melantik Pengurus Pramuka Gugus Depan (Gudep) 08.132-08.134 di Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Makassar, Jumat (14/10).

Lebih Lanjut, Sekretaris Daerah Kota Makassar ini mengatakan kegiatan kepramukaan ini merupakan salah satu perintah harian Wali Kota Makassar dalam meningkatkan kualitas attitude seseorang.

Dalam sambutannya melalui rilis, Ibrahim yang mewakili Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyebutkan, Pramuka memiliki cara beradaptasi yang baik dengan berbagai komponen dan golongan masyarakat. Dengan itu ia berharap anggota pramuka yang baru ini bisa menjadi orang-orang yang disenangi di mana saja, bahkan menjadi orang yang kehadirannya ditunggu untuk perubahan.

Di hadapan ketua dan pembina yang baru saja dilantik, ia meyakini para pramuka bisa menjadi penemu karya. Mereka juga bisa berpikir untuk menjadikan bahan yang kurang bermanfaat menjadi lebih bermanfaat. Setiap anggota pramuka diajak berpikir inovatif menciptakan teknologi tepat guna pada tingkatan khusus.

Ia mengatakan betapa pentingnya Pramuka dalam membentuk kepribadian (attitude) sesorang. “Secerdas apapun seseorang, kalau tidak mempunyai kepribadian tentunya sama sekali tidak akan berguna. Untuk itu di dalam kepramukaan akan membentuk setiap anggotanya untuk berpikir cerdas dan berkepribadian,” tuturnya.

Pada pengukuhan dan pelantikan tersebut, Surianto diambil sumpahnya sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Rutan Kelas 1 Makassar. Sedangkan Jauhar sebagai Ketua pada Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.(*)


Sumber: http://inipasti.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment