Napi di Lapas Anak Tomohon Ikut Perkemahan Pramuka

Napi di Lapas Anak Tomohon Ikut Perkemahan Pramuka

Warga Binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Tomohon atau lapas Anak menggelar jambore di di Lapangan upacara LPKA, Jumat (14/10).

Nantinya mereka akan menikmati kegiatan perkemahan seperti layaknya ekstrakulikuler persekolahan ini. Bedanya, perkemahan di gelar di dalam area lapas.

Meski begitu, tak mengurangi antusiasme para warga binaan mengikuti kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke 71 tahun 2016.

Selain jambore, digelar sekaligus pelantikan dan pengukuhan gugus depan pengayoman LPKA Tomohon. Gugus depandilantik Kepala kantor wilayah Kemenkum HAM Provinsi Sulut Sudirman Hury.

Kata Hury, kegiatan jambore ini digelar serentak di 33 Kantor Wilayah se Indonesia. Merupakan program pembinaan dari Kemenkumham.

Kegiatan melibatkan penghuni lembaga pemasyarakatan ini sudah beberapa kali digelar bahkan menyasar rekor MURI dengan jumlah peserta terbanyak, berturut kegiatannya yakni lomba bakiak, pembekalan wawasan kebangsaan terakhir, jambore di LPKA se Indonesia.

Khusus kegiatan Pramuka, Kata Hury di kalangan binaan pemasyarakatan hal ini penting untuk refleksi dari prestasi atau karya-karya yang telah dilakukan oleh kaum muda termasuk para warga binaan di Lapas

"Pendidikan dan kepanduan kepramukaan ini kiranya akan dapat menciptakan berbagai potensi dan kedepan membentuk pembangunan karakter dan jiwa besar para warga binaan dalam membangun bangsa dan dalam menapaki kehidupan kedepan", kata Hury.

Assisten Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa mewakili Wali Kota Jimmy Feidie Eman dalam kesempatan itu menggungkapkan, kegiatan kepramukaan di kalangan kaum muda binaan pemasyarakatan akan berdampak pada perubahan karakter yang lebih baik.

"Melalui berbagai program yang akan diikuti dalam kegiatan ini selanjutnya menjadi modal baru ketika para binaan di Lapas nantinya bergabung kembali di tengah masyarakat, dan diharapkan segala hal positif yang dipelajari dalam kegiatan ini nantinya akan dapat bermanfaat ditengah masyarakat," ujar Lumowa.

Sumber: http://manado.tribunnews.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment