Ibnu Saleh Buka Persami Sungai Selan

http://cdn-2.tstatic.net/bangka/foto/bank/images/wakil-bupati-bangka-tenngah-ibnu-saleh_20160809_145829.jpg
SMK Bina Utama (BU) Kendal berhasil meraih empat piala dalam Lomba Pekan Bakti Pramuka Penegak (PBPP) ke-III tingkat Jawa Tengah, yang digelar akhir September kemarin di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Ajang PBPP ini dilaksanakan setiap 2 tahun sekali oleh Pandega Universitas Diponegoro berdasarkan hasil musyawarah bersama.

Kepala Gudep Pramuka SMK BU Kendal, Ali Mashudi, Jumat (7/10), mengatakan, tahun ini lomba dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu (Persami) yakni 24 dan 25 September kemarin, bertempat di lapangan tembak Undip. Berdasarkan penilaian para juri, dari enam mata lomba yang dipertandingkan, SMK BU Kendal berhasil meraih empat piala yakni Tata Upacara Bendera (TUB),

Teknologi Tepat Guna, Pionering, dan Seni Eksplorasi Budaya Jawa Tengah. Sementara dua mata lomba lainnya yakni Hasta Karya dan Lomba Cerdas Tangkas (LCT) belum berhasil.
“Tahun ini LPBPP (PBPP) ke-III tingkat Jateng jumlah pesertanya meningkat yakni diikuti 16 Pangkalan dari SMA/SMK di Jawa Tengah. Kami berhasil meraih empat piala yakni Juara III untuk lomba Tata Upacara Bendera (TUB) dan Teknologi Tepat Guna serta Juara II untuk lomba Pionering dan Seni Eksplorasi Budaya Jawa Tengah,” ujarnya.

Dikatakan, dalam lomba Teknologi Tepat Guna, para penegak diminta untuk memanfaatkan barang-barang bekas menjadi karya yang bernilai seni. Sedangkan untuk lomba Pionering, mereka diminta menunjukkan ketrampilannya dalam hal tali temali. Sementara, bagi Seni Eksplorasi Budaya Jawa Tengah para peserta menuangkan kreatifitas ketrampilan dalam bentuk gerak dan lagu agar tercipta keakraban setiap anggota.

“Raihan empat piala ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi sekolah kami, apalagi ini di tingkat Jateng. Semua ini tidak akan kami dapatkan tanpa kerja keras dari para siswa dan semua pihak yang turut terlibat di dalamnya. Semoga ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi,” paparnya.

Terpisah, Pembina Pramuka SMK BU Kendal, Windriastuti, mengungkapkan, keikutsertaan pramuka sekolah ke PBPP Jateng ke-III dalam rangka meningkatkan dan melestarikan pendidikan kepramukaan, menumbuhkan semangat berkarya dan berlaku sportif untuk seluruh anggota penegak. Selain itu, dalam meningkatkan inovasi berteknologi dan riset dengan anggota pramuka di tingkat Kwartir Daerah Jateng.

“Semoga saja kegiatan lomba ini dapat menambah pengalaman dan pengetahuan kepramukaan dari anggota pramuka SMK BU Kendal. Untuk ke depannya, kami berharap dapat lebih ditingkatkan lagi kegiatannya sehingga bisa berprestasi lebih baik lagi. Selain itu, jenis lomba dapat ditambah kembali,” ucapnya. (yog)

[http://bangka.tribunnews.com]
Previous
Next Post »
Thanks for your comment