Buper Phokela Tempat Raimuna Terbaik

Revitalisasi Gerakan Pramuka Mulai Dipahami


Patung Pramuka berukuran besar yang menghiasi bagian depan gedung utama Buper Cenderawasih Phokela, Waena. Insert : Menpora Andi A. Mallarangeng
Patung Pramuka berukuran besar yang menghiasi bagian depan gedung utama Buper Cenderawasih Phokela, Waena. Insert : Menpora Andi A. Mallarangeng
JAYAPURA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Andi A. Mallarangeng mengatakan, tempat pelaksanaan kegiatan kepramukaan Raimuna Nasional (Rainas) X Gerakan Pramuka Indonesia Tahun 2012 di Provinsi Papua – Kota Jayapura, Buper Cendrawasih – Phokela adalah salah satu yang terbaik di Indonesia, karena luas dan segala fasilitas yang disediakan di lokasi perkemahan ini sangat memadai.
“Oleh karena itu, kita dukung terus kegiatan kepramukaan di Papua,” kata Menpora.
Kepada Pramuka peserta ajang Raimuna, Menpora meminta mereka menjalin persaudaraan sehingga makin mempererat rasa persatuan dan kesatuan sesama anak Indonesia. “Pramuka harus menjaga persatuan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” kata Menpora.
Sementara itu, Staf Ahli Menpora bidang Revitalisasi Gerakan Pramuka Amran Razak mengatakan semaraknya pelaksanaan Raimuna menandakan semangat UU No.12 tahun 2010 yang antara lain mengenai revitalisasi gerakan pramuka, telah mulai dipahami. Ia mengharapkan dengan adanya revitalisasi gerakan pramuka maka makin banyak generasi muda yang tertarik mengikuti kegiatan kepramukaan. Amran  mengharapkan pramuka bisa menjadi alternatif kegistan bagi generasi muda.
Sekedar untuk diketahui kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna menambahkan merupakan gabungan dua kata yaitu “Rai” dan “Muna”. “Rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama.
Sedangkan “Muna” adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan. (mir/aj/lo2)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment