Siaran Pers Kwarnas Gerakan Pramuka: Bersama Masyarakat, Pramuka Membangun Papua

39465_logo rainas 2012 1.jpg

“Pramuka Indonesia Bersama Masyarakat Membangun Tanah Papua” adalah tema Raimuna Tingkat Nasional (Rainas) X Tahun 2012 yang merupakan kegiatan bagi Pramuka
Penegak dan Pandega (16-26). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 8-15 Oktober 2012 di Bumi Perkemahan Cendrawasih, Papua.
Peserta yang terdiri dari Pramuka se-nusantara ini menjadi sangat istimewa. Bukan saja karena pesertanya yang hadir dari setiap sudut Indonesia, tapi juga karena nama dari kegiatan ini “Raimuna” yang berasal dari Bahasa Ambai, Yapen Waropen, Papua. Membuat pelaksanaan kegiatan ini seperti kegiatan “Pulang Kampung” yang dimaknai dengan pelaksanaan kegiatan Raimuna di Tanah Papua.
Filosofi makna arti kata “Rai” yang berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang disepakati bersama serta ”Muna” yang berarti daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan, menjadikan “Raimuna” diartikan sebagai sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.
Terlaksananya kegiatan ini tak hanya ditunggu dan disambut gembira oleh Pramuka Penegak/Pandega namun juga oleh Ketua Kwarda Papua, Alex Hasegem yang kemudian mengajak peserta untuk lebih mengenal Papua termasuk keragama suku dan bahasanya, “Silakan datang dari seluruh nusantara ke Jayapura, kita sudah persiapkan paket wisata, bisa ke danau Setani, ke Wamena, susur pantai dan menyelam. Termasuk keramaian orang Papua sendiri, keliahatan dari jauh seperti seram-seram tetapi sesungguhnya hati mereka lembut mereka penuh suka cita jadi bergaulah degan dia seperti saudara mu sendiri, kembalilah ke daerah masing-masing dengan kesan yang terbaik yang kau dapatkan di Papua,”imbau Kak Alex. Hingga Minggu (7/10) pagi peserta yang sudah mendaftar ulang sebanyak 2185 dari seluruh Indonesia dari 3000 peserta yang tercatat.
Wakil Presiden Republik Indonesia, Budiono dijadwalkan membuka Kegiatan Rainas X 2012 secara resmi pada Rabu (10/10) namun demikian kegiatan tetap akan berlangsung sesuai jadwal. Melihat antusias generasi muda khususnya sekitar 500 Pramuka Penegak/Pandega asal Papua yang menjadi panitia pelaksana kegiatan ini , Kak Alex kebali mengimbau untuk menyambut kedatangan peserta sebaya yang hadir dari pelosok nusantara dengan semangat persaudaraan, “Satu saudara, satu rumah tangga namanya rumah tangga kepramukaan dan kita berharap saling kunjung ini kita dapat mewujud-nyatakan apa yang kita sebut kesatuan dan kesatuan dalam satu rumah NKRI yang diasuh oleh mama pertiwi,”
Sesuai dengan semangat tujuan kegiatan ini untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta memberikan kepada mereka kegiatan kreatif, rekreatif dan produktif yang bersifat edukatif. Hingga berbagai kegiatan akan diikuti peserta mulai mengenal lebih jauh budaya Papua, peserta juga diajak menambah keterampilan dengan mengikuti berbagai kegiatan tepat guna seperti servis sepeda motor, telepon selular, komputer dan sebagainya. Peserta juga akan mengikuti kegiatan di luar areal perkemahan dan kegiatan wisata.
Sebagai wujud bakti bagi negeri, peserta akan membangun Museum Kerajinan Tangan Indonesia, Membuat Tempat Sampah serta Membuat Perspustakaan bagi Papua Seraya memekikkan semboyan Rainas X tahun 2012 “Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami”.
Untuk informasi lebih lanjut, tersedia di laman (website)
www.pramuka.or.id

Humas Kwarnas
  1. Septembri Yanti: 08129650663
  2. Saiko Damai: 081310769003

Sumber: Pramuka.or.id
Previous
Next Post »
Thanks for your comment