Wapres : Papua bagian yang tak terpisahkan dari NKRI

Wapres Budiono menginjakan kaki dipiring batu ketika disambut secara adat sebelum membuka Raimuna Pramuka Nasional ke-10 di Buper Phokela Waena, Kota Jayapura, Papua, Rabu (10/10). Sebanyak 3.800 lebih Pramuka yang ada di tanah air dan negara sahabat menghadiri Raimuna Nasional ke-10 tersebut.
Wapres Budiono menginjakan kaki dipiring batu ketika disambut secara adat sebelum membuka Raimuna Pramuka Nasional ke-10 di Buper Phokela Waena, Kota Jayapura, Papua, Rabu (10/10). Sebanyak 3.800 lebih Pramuka yang ada di tanah air dan negara sahabat menghadiri Raimuna Nasional ke-10 tersebut. (sumber: Antara)
Boediono memukul tifa alat  musik pukul khas Papua untuk menandakan dibukanya Rainas X secara resmi.

Walaupun diguyur hujan sejak pagi Raimuna Nasional (Rainas) X di Buper Phokela, Waena, Kota Jayapura, akhirnya dibuka Wakil Presiden (Wapres) RI, Boediono, pada Rabu (10/10) pagi.

Tema Rainas X adalah "Pramuka Indonesia Bersama Masyarakat Membangun  Tanah Papua" yang diselenggarakan tanggal 8-15 Oktober.

Sebanyak 3.689 personel paramuka dari 33 provinsi di Indonesia hadir mengikuti  Rainas ini. Raimuna berasal dari Ambaiyu (Kabupaten Yapen) yang artinya  sekelompok orang berkumpul untuk mencapai tujuan.

Dalam arahannya sebelum  membuka Rainas, Boediono mengatakan kegiatan Pramuka diharapkan dapat terus menjadi  kegiatan ekstrakurikuler sekolah. 

"Dan tema kali ini menggugah kita  semua untuk membangun Papua mengejar ketertinggalannya," kata Wapres.

Dia mengatakan, Papua adalah bagian yang tidak terpisahkan yang diwariskan para leluhur yang harus dijaga dan dicintai.

Boediono menambahkan, kemajuan dan kemakmuran bangsa ini tergantung  dari kita semua.

"Dan masa depan bangsa ini ada di tangan generasi muda  adik-adikku penega dan pandega," katanya.

Ia pun berpesan bagi para  pramuka bila selesai Rainas ini, dapat membagikan apa yang didapat  kepada pramuka lain yang tidak dapat ke Rainas, untuk kemajuan gugus  depan pramuka.

Usai memberikan arahannya, Boediono memukul tifa alat  musik pukul khas Papua untuk menandakan dibukanya Rainas X secara resmi.

Berbagai atraksi tarian dengan 1.000 penari yang  menari tarian Aceh, Jawa Bali dan Papua mewarnai pembukaan acara Rainas.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment