Perjalanan Kwartir Daerah 04 Riau Masa Bakti 2009-2014

Perkembangan/perjalanan Kwartir Daerah 04 Riau dari awal masa bakti 2009 sampai akhir masa bakti 2014.
  Setelah selesai kepengurusan Kwarda 04 Riau masa bakti 2004-2009, maka diadakanlah Musyawarah Daerah (X) diselenggarakan pada tanggal 28-30 Desember 2009 bertempat di Hotel Furaya Pekanbaru. Sebelumnya masabakti pengurus Kwarda 04 Riau 2004-2009 habis pada bulan Oktober 2009, tetapi karena waktu dan kesibukan Gubernur Riau selaku ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Riau, maka Musyawarah Daerah X diundur pada tanggal 28-30 Desember 2009. Musyawarah Daerah X ini terpilih Ibu Gubernur yaitu Hj Septina Primawati Rusli yang juga selaku pengurus MABIDA Gerakan Pramuka Riau. Pemilihan Ketua Kwarda 04 Gerakan Pramuka Riau secara aklamasi dan demokratis berjalan hikmat dan lancar. Seusai pemilihan Ketua Kwarda 04 Riau pada malam hari itu Ketua Kwarda 04 Riau terpilih, langsung dikukuhkan oleh Ketua Presidium kak Nurhasyim.

Acara Musyawarah Daerah ini dibuka secara meriah oleh Gubernur Riau yang bertempat di LAM (Lembaga Adat Melayu Riau). Acara yang cukup meriah ini dihadiri dari Instansi Pemerintah, penjabat pemerintah baik Wakil Gubernur Riau, Asisten Gubernur, Kepala Dinas, Kapolda Riau, Bupati dan Walikota dan beserta jajaranya. Dalam kepengurusan Septina masa masa bakti 2009-2010, telah dilantik oleh Kamabida Riau Kak HM Rusli Zainal yang juga Gubernur Riau dihadiri oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof Dr dr H Azrul Azwar MPH dan istri bertempat di gedung daerah pada tanggal 17 Februari 2010.

Tim Formatur yang di Ketua Septina Primawati Rusli sebagai Ketua terpilih masabakti 2009-2014 bersama utusan Kamabida Riau, Kwarcab tergiat I (Bengkalis), tergiat II (Indragiri Hilir), Tergiat III (Pekanbaru), tanggal 25 Januari 2010 Tim Formatur berhasil menyusun Pengurus Kwarda Riau masabakti 2009-2014, dengan Surat Kwarnas nomor: 062 Tahun 2010 pengurus Kwarda yang dilantik yaitu:

1.Septina Primawati Rusli: Ketua
2.Ardi Basuki: Wakil Ketua Binamuda
3.OK Nizami Jamil: Wakil Ketua Binawasa
4.Hendro Ekwarso: Wakil Ketua Organisasi dan Hukum
5.M Wardan: Wakil Ketua Keuangan, sarana dan Prasarana
6.Amir Husin: Wakil Ketua Abdimas dan Humas
7.Anshari Kadir: Sekretaris
8.41 Anggota dkk: Andalan

Muspanitera yang dilaksanakan DKD (Dewan Kerja Daerah) tanggal 27 Desember 2009, terpilih Oktomi Harjasa Putra sebagai Ketua DKD dan Jeliria Karnawati sebagai wakil ketua DKD. Yang dilantik dengan surat Kwarda nomor: 01 Tahun 2010 dengan nama-nama:

1.Oktomi Harjasa Putra: Ketua
2.Jeliria Karnawati: Wakil Ketua DKD
3.Ari Zulfikri: Sekretaris I merangkap Anggota
4.Delni Yurdaningsih: sekretaris II merangkap anggota
5.Attafani: Bendahara
6.Syaiful Bakhri dkk: Anggota

Setelah dilantik pengurus Kwarda 04 Riau masabakti 2009-2014, Ketua Kwarda, Wakil Ketua dan sekretaris Kwarda 04 Riau menyusun kembali pengurus Pusdiklatda Kwarda 04 Riau masabakti 2009-2014, dengan surat Kwarda nomor: 05 Tahun 2010 tanggal 23 Februari 2010. Pada tanggal 28 Mei 2010 bertepatan dengan kegiatan Binawasa yaitu Penyegaran Pelatih, Pengurus Pusdiklatda Kwarda 04 Riau dilantik oleh Ketua Kwarda Riau dengan nama-nama pengurus sebagai berikut:

1.Mardjono: Kepala Pusdiklatda
2.Midawati: Wakil Ketua Pusdiklatda
3.Khalidin Zahab: sekretaris
4.Yusnimar Aziz dkk: Bendahara



Setelah terpilih Ketua Kwarda 04 Riau masa bakti 2009-2014, dan terbentuklah susunan pengurus Kwarda dari wakil ketua sampai sekretaris kwarda Riau, dan bulan Januari 2010 pada dilantiklah kepengurusan Kwarda 04 Riau masabakti 2009-2014 yang dilantik oleh Gubernur Riau yang selaku Ketua Kamabida Gerakan Pramuka Riau. Pelantikan Pengurus Kwarda 04 Riau masa bakti 2009-2014 ini diadakan di Gedung Daerah Riau yang dihadiri oleh Ketua Kwartir Nasional dan khususnya seluruh Pembina Kota Pekanbaru, umumnya seluruh Pembina yang ada di Riau, peserta didik anggota Pramuka baik siaga, Penggalang, pramuka penegak/Pandega, seluruh Instansi Pemerintah Provinsi Riau dan LSM/Organisasi yang ada di Daerah Provinsi Riau.

Dari awal Januari sampai September atau diakhir tahun 2010 ini Kwartir daerah 04 Riau telah menyelenggarakan beberapa kegiatan. Kegiatan itu pertama dilakukan Ka. Kwarda dengan beramah tamah/berkunjung dengan pengurus Kwarcab se-daerah Riau yaitu supervisi menanyakan perkembangan Kwarcab yang ada di Riau. Kunjungan kerja ini juga dilakukan Ka. Kwarda dengan turun langsung ke Gudep yang ada di Kota Pekanbaru. Ka. Kwarda Riau juga berkunjung dan memberi kata sambutan setiap pada kegiatan yang diselenggarakan Kwarcab-Kwarcab dan Gugusdepan baik itu dalam perkemahan maupun kegiatan kursus-kursus.

Pada ditahun 2010 ini dalam kepengurusan Kwarda 04 Riau masa bakti 2009-2014 telah menyelenggarakan beberapa iven-iven kegiatan baik berupa Kursus KPDK, LPK, Kursus Orientasi kepada pengurus Kwarda 04 Riau masa bakti 2009-2014,staf dan DKD, Kursus penyegaran Pelatih se daerah Riau, menghadiri dan mengutus anggota pramuka mengikuti Jambore Budaya serumpun di Sumatra Barat, Mengikuti Riau Expo Tahun 2010 dalam menyambut Ulang Tahun Provinsi Riau yang diselenggrakan di Purna MTQ Nasional Pekanbaru yaitu Kwartir Daerah 04 Riau mendapatkan stand SKPD terbaik juara 3 (tiga), peringatan Hari Pramuka ke 49, dalam menyambut peringatan hari Pramuka ke 49 ini pengurus Kwarda 04 Riau juga menyelenggarakan kegiatan baik berupa Kunjungan anjangsana kepada sesepuh pramuka Riau, pasar murah bekerjasama dengan Disperindag untuk kepada masyarakat menengah ke bawah, tabur bunga, ulang janji dan buka puasa bersama kepada pengurus, pembina, adik-adik anggota Pramuka, dan juga menyelenggarakan halal bi halal keseluruh sesama pengurus dan staf.

Untuk tahun 2010 ini juga, Kwarda 04 Riau juga berperan aktif dalam mendukung RUU Gerakan Pramuka untuk di jadikan sebagai Undang-undang. Kwarda Riau telah mampu mengajak semua Pemerintah Daerah Provinsi Riau beserta perangkat Instansi, Pemerintah Daerah Kab/Kota, elemen-elemen LSM organisasi provinsi Riau dan Kab/Kota se-daerah Riau. Dukungan ini juga telah memberikan bukti-bukti tandatangan dengan membuat ukuran kain spanduk terpanjang se-indonesia kepada Komisi X DPR RI, atas partisipasinya semua elemen-elemen organisasi masyarakat yang ada di Daerah Provinsi Riau.

Pada tanggal 9 Februari 2010 Komisi X DPR RI beragenda kunjungan kerja ke Daerah Provinsi Riau, kunjungan kerja ini satu-satunya yang dilakukan untuk Pulau Sumatra yaitu Daerah Prov. Riau.

Kunjungan kerja yang membahas tentang dengar pendapat Komisi X DPR RI dengan Pemerintah Daerah beserta perangkat Instansi dan LSM Organisasi Daerah Provinsi Riau. Dengar pendapat ini sebagai keseriusan tentang akan dijadikannya RUU Gerakan Pramuka.

Agenda Kwarda 04 Riau dalam waktu dekat ini akan mengikuti PW Nasional yang akan diselenggarakan di Aceh, dan menyelenggarakan Jambore Daerah Riau bekerjasama dengan Kwarcab Rokan Hulu yang diadakan di Kab. Rokan Hulu.

Pada tahun 2011 ini, Kwarda 04 Riau Turut menyelenggarakan kembali Upacara Gelar Senja setiap bulannya pada tanggal 14, kegiatan Upacara ini diberikan haknya masing-masing oleh setiap Kwarcab yang ada di Daerah Riau. Yang pelaksanaannya bertempat di Gedung Daerah Riau.

Kwarda Riau pada bulan April ini dikunjungi tamu dari Pegakap Malaysia, Pengakap Malaysia yang diwakili oleh Dato' Kahar menyampaikan ingin mengajak anggota Pramuka khususnya di Riau mengikuti Jambori Pengakap Melaka Bandaraya Warisan Dunia ke 8 dan Jambori Nasional Malaysia Tahun 2011 di Trengganu pada akhir tahun nanti.

Sumber: Kwartirriau.org
Previous
Next Post »
Thanks for your comment